SSB Hasanuddin Wakil dari Indonesia


anda sedang membaca artikel tentang SSB Hasanuddin Wakil dari Indonesia dari indotrendy.blogspot.com
Sekolah Sepak Bola Hasanuddin dari Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi wakil Indonesia di ajang final dunia Danone Nations Cup 2011 usia 10-12 tahun di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 6-9 Oktober. Di Spanyol, SSB Hasanuddin akan bertemu dengan tim-tim juara dari 39 negara.

Sekolah Sepak Bola (SSB) Hasanuddin merebut tiket ke Santiago Bernabeu setelah di final nasional Aqua-Danone Nations Cup 2011 mengalahkan SSB Putra Banna dari Aceh 1-0, Minggu (17/7), di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. SSB Hasanuddin tahun lalu adalah juara ketiga Aqua-Danone Nations Cup.

Satu-satunya gol SSB Hasanuddin yang menjadi penentu kemenangan dicetak penyerang M Faturahman (12) di menit kelima. Faturahman memanfaatkan umpan dari rekannya sesama penyerang, M Fikran. Tendangan menyilang Faturahman dari sisi kanan gawang berhasil mengecoh kiper lawan.

Memasuki babak kedua, SSB Putra Banna meningkatkan serangan agar dapat menyamakan kedudukan. Namun, sejumlah peluang emas tidak menghasilkan gol bagi SSB Putra Banna.

Menurut Pelatih SSB Hasanuddin Amirullah, dia tidak menduga timnya dapat menjadi juara karena persiapan mereka hanya satu bulan. Apalagi, tim-tim lawan adalah tim kuat terutama dari Aceh dan Jawa Timur.

”Saya melihat keterampilan anak-anak cukup bagus, tetapi kami akan berlatih lebih keras lagi untuk persiapan ke Spanyol,” kata Amirullah.

Amirullah mengatakan, biaya keberangkatan tim ke Jakarta berasal dari sponsor dan uang masing-masing peserta.

”Tidak ada dukungan dari pemerintah daerah. Padahal, kami membawa nama daerah,” ujarnya.

M Faturahman mengatakan, dia sangat senang bisa mewakili Indonesia di final dunia Danone Nations Cup di Spanyol. Dia berharap dapat bertemu dengan pesepak bola idamannya, Lionel Messi, di sana.

”Kalau bisa ketemu Messi, saya akan minta tanda tangannya,” ujar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Makassar itu.

Pelatih SSB Putra Banna Mulya Saputra mengatakan, kekalahan tim asuhannya karena faktor mental. Selain itu, fisik pemain juga menurun karena laga-laga sebelumnya.

”Anak-anak tidak dapat menyelesaikan peluang dengan baik. Ada dua peluang emas di babak kedua, tetapi tidak dapat dimanfaatkan,” katanya.

Juara ketiga

Dalam pertandingan lain, SSB Bina Taruna dari Jakarta menga- lahkan SSB PTP Wilayah 1 dari Sumatera Utara 1-0. Kemenangan itu mengantarkan SSB Bina Taruna menjadi juara ketiga dan SSB PTP Wilayah 1 sebagai juara keempat.

SSB Persikota Soccer Academy dari Banten mengalahkan SSB Tugu Muda dari Jawa Tengah yang berakhir dengan skor 4-3 melalui adu penalti. SSB Persikota Soccer Academy menjadi juara lima dan SSB Tugu Muda juara enam.

SSB Ngadirejo dari Jawa Timur menundukkan SSB Byak dari Papua 2-0 sehingga SSB Ngadirejo menjadi juara tujuh dan SSB Byak juara delapan.

Pimpinan Danone Aqua Indonesia Parmaningsih Hadinegoro mengatakan, Aqua-Danone Nations Cup merupakan komitmen untuk mewujudkan impian anak-anak, yaitu bermain di turnamen sepak bola internasional.


Category Article

What's on Your Mind...