Waspada, Bayi Lahir dengan Berat Kurang


anda sedang membaca artikel tentang Waspada, Bayi Lahir dengan Berat Kurang dari indotrendy.blogspot.com
Anda melahirkan bayi dengan berat badan kurang dari 2.500 gram? Tampaknya Anda harus memberikan ekstra perhatian lebih kepada sang bayi.



Karena bayi yang lahir dengan berat badan seperti ini lebih rentan mengalami kematian dan kesakitan. Mereka juga lebih rawan memiliki gangguan perilaku.

"Bayi yang lahir dengan berat terlalu rendah ini paling tidak sudah membawa empat penyakit dalam hidupnya. Di usia 40 tahun mereka lebih rawan penyakit," kata dr Judi Januadi Endjun, SpOG, ahli fetomaternal dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Menurut hipotesa Barker, penyakit yang diderita seseorang di usia dewasa sudah terprogram sejak saat ia berada di dalam kandungan.

"Bayi yang lahir dengan berat badan rendah berisiko mengalami kematian dalam 28 hari pertama hidupnya serta di usia dewasa rentan menderita hipertensi, diabetes, atau serangan jantung," paparnya dalam acara Nutritalk bertema "Bentuk Awal Cinta Ibu untuk Si Buah Hati" yang diadakan oleh Sari Husada di Jakarta, Kamis (21/7/2011).

Ia menambahkan, berat badan bayi saat lahir sudah bisa diprediksi sejak usia kehamilan 10 minggu atau 2,5 bulan. "Normalnya setiap minggu bayi bertambah panjang 8 milimeter. Jika di usia 10 minggu panjangnya tidak bertambah, bisa dipastikan bayi akan lahir dengan berat badan kurang," imbuhnya.


Category Article

What's on Your Mind...