Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Gelar Konggres di Makasar


anda sedang membaca artikel tentang Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Gelar Konggres di Makasar dari indotrendy.blogspot.com
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) akan menggelar Kongres VIII, Kamis (1/12/2011) hingga Sabtu (3/12/2011). Kongres ini akan berlangsung di Hotel Aryaduta, Jalan Somba Opu Makassar, Sulawesi Selatan.



Sebanyak 200 perwakilan dari 1.880 pengurus AJI di 29 kota se-Indonesia akan menghadiri kongres yang digelar setiap dua tahun ini.

Dalam kongres ini akan dibahas perkembangan media baru (new media) di Asia Tenggara. Media baru juga akan diseminarkan dengan menghadirkan pembicara dari Yahoo, Google, dan provider telepon seluler.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Tokoh Oposisi Malaysia Anwar Ibrahim, dan perwakilan South East Asian Press Aliance turut akan hadir.

Ketua AJI Kota Makassar Mardiana Rusli dalam rilisnya kepada Tribun, Rabu (2/11/2011), pertumbuhan media baru, internet belum mampu menyatukan masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

"Padahal, media internet adalah media yang bersifat global sehingga mampu menembus batas-batas negara. Sayangnya, media internet hanya mampu berperan pada tingkat nasional dan belum mampu pada tingkat global, dalam hal bisnis dan kontent," tulis Mardiana dalam rilisnya.

Ia mencontohkan, kehadiran situs jejaring sosial hanya mampu digunakan untuk membahas masalah di negara masing-masing padahal terdapat sejumlah masalah besar di kawasan ini perlu dibahas dan mendapat perhatian.

"Masalah tersebut akan dibahas dalam seminar dan kongres," kata Mardiana.

Peserta kongres dan seminar merupakan jurnalis media cetak dan elektronik, perusahaan media, organisasi jurnalis, aktivis lembaga swadaya masyarakat, utusan pemerintah, dan utusan dari lembaga mitra AJI


Category Article

What's on Your Mind...