Aliya Akan Bawakan Tarian Khas Palembang "Pagar Pengantin"


anda sedang membaca artikel tentang Aliya Akan Bawakan Tarian Khas Palembang "Pagar Pengantin" dari indotrendy.blogspot.com
Kamis (24/11/2011) pukul 09.00 WIB ini, Siti Rubi Aliya Rajasa akan resmi dinikahi Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas),. Adat Palembang akan mewarnai perhelatan sakral ini. Salah satunya akan dipersembahkannya tarian oleh mempelai perempuan.



Aliya akan membawakan tarian khas Palembang. Tarian Pagar Pengantin, ini sudah dipelajari anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa ini. Tarian ini sebagai penanda melepas masa lajang dari masa remaja ke masa rumah tangga. Filosofi memadukan dua keluarga jadi satu," lanjutnya.

Tarian ini akan dibawakan Aliya dan saudara-saudaranya itu akan dibawakannya sekitar lima menit. Aliya akan menari saat dia dan Ibas sudah sampai di pelaminan. Kemudian, para penari yang semuanya perempuan tersebut akan mengajak mempelai wanita untuk turut menari. Jumlah penarinya sendiri ganjil. Bisa 7 penari, termasuk si mempelai atau 5 orang saja,

Sebelumnya, adat Palembang lain juga sudah dijalani Aliya sebagai rangkaian prosesi jelang pernikahannya. Menjelang pernikahannya Aliya Rajasa menggelar acara berpacar. Acara tersebut merupakan pertemuan Aliya dengan teman-temannya menjelang akad nikah.

"Berpacar adalah adat Palembang. Jadi putri saya dengan teman-temannya, adat itu melambangkan hari-hari terakhir dari masa gadisnya," kata Hatta Rajasa di kediamannya Fatmawati Golf Residence, Jakarta, Selasa (22/11/2011) malam.

Menurut Hatta, berpacar merupakan adat Palembang. Ia pun meminta restu masyarakat agar diridhoi Allah.


Category Article

What's on Your Mind...