Denyut Islam Eropa


anda sedang membaca artikel tentang Denyut Islam Eropa dari indotrendy.blogspot.com
Jumlah umat Islam di dunia kini mencapai 1,3 milyar jiwa, dan tersebar di seluruh belahan dunia ini.

Negara-negara yang padat penduduknya seperti di benua Asia dan Afrika, umumnya beragama Islam. Mereka hidup dan menikmati fasilitas sebagai pemeluk agama mayoritas di negara-negara tersebut.



Di belahan dunia lain, umat Islam hidup dan berjuang sebagai kelompok minoritas di sebuah benua yang non Islam. Salah satunya adalah di benua Eropa, kerap harus menerima perlakuan diskriminatif dan propaganda anti Islam.

Muslim Denmark, misalnya, harus berjuang puluhan tahun demi mendirikan sebuah masjid yang layak untuk beribadah.

Muslim Albania harus berjuang membangun kembali masa lalunya setelah komunis yang melarang praktek keagamaan. Atau Musliam Belgia yang seperempat abad lebih berjuang melawan diskriminasi dan pelanggaran hak asasi manusia.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan rubrik Dunia Islam yang dimuat secara berkala di Republika. Buku ini merupakan seri pertama dari buku Seri Dunia Islam yang berusaha mengungkap kondisi terakhir minoritas Islam di berbagai belahan dunia.

Untuk terbitan seri pertama, buku ini mengungkap kehidupan minoritas Muslim di Eropa. Pembahasan disetiap tulisan diupayakan mencakup latar belakang sejarah setiap komunitas, organisasi social, interaksi dengan masyarakat mayoritas, peran politik mereka, sert posisi mereka dalam sejarah Islam di benua Eropa
.
Judul Buku: Denyut Islam di Eropa
ISBN: 9793210117
Penulis: Teguh Setiawan & Sri Budi Eko Wardani
Penerbit: Republika
Terbit:2010
Tebal: 150 Halaman


Category Article

What's on Your Mind...