Menguatnya Euro Karena Italia dan Yunani


anda sedang membaca artikel tentang Menguatnya Euro Karena Italia dan Yunani dari indotrendy.blogspot.com
Euro menguat untuk hari ketiga karena keyakinan pasar akan kemampuan dua pemimpin baru Italia dan Yunani dapat mengatasi krisis utang di negaranya.



Pada pukul 06.33 waktu Tokyo, Senin (14/11/2011), euro menguat 0,3 persen ke posisi nilai tukar 1,3791 dollar AS. Mata uang ini mengalami penguatan dari 1,3750 pada 11 November lalu. "Kami telah melihat awal yang positif untuk minggu ini dengan keberadaan pemerintahan teknokrat yang baru di Italia dan Yunani. Namun, tetap saja ada banyak ketidakpastian," ujar Emma Lawson, currency strategist National Australia Bank Ltd di Sydney, Australia, Senin.

Ucapan Menteri Keuangan Yunani menyebutkan, prioritasnya adalah memastikan negara ini untuk menerima dana pinjaman keenam di bawah Perdana Menteri Yunani yang baru, Lucas Papademos. Sementara itu, di Italia, Presiden Giorgio Napolitano meminta Mario Monti, mantan komisioner persaingan Uni Eropa, sebagai PM yang baru menggantikan Silvio Berlusconi.

Kondisi itu juga menyebabkan mata uang yang diadopsi 17 negara Eropa ini menguat atas yen. Yen sendiri melemah terhadap dollar Australia dan Selandia Baru. Ini dinilai sebagai sinyal bahwa saham-saham Asia akan naik dan permintaan akan aset berimbas hasil tinggi akan meningkat.


Category Article

What's on Your Mind...