Indonesia Beri Bantuan 1 Juta Dolar untuk Gempa Turki


anda sedang membaca artikel tentang Indonesia Beri Bantuan 1 Juta Dolar untuk Gempa Turki dari indotrendy.blogspot.com
Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan sebesar US$ 1 juta kepada Pemerintah Turki untuk membantu korban gempa bumi. Bantuan yang disalurkan pada hari ini (2/11/2011) bersumber dari dana siap pakai BNPB. Bantuan diserahkan Menko Kesra Agung Laksono kepada Dubes Turki HE Murat Adali.



"Pemerintah Turki telah meminta bantuan internasional berupa tenda, rumah prefabrikasi dan kontainer," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu (2/11/2011).

Sutopo mengatan Kementerian Urusan Uni Eropa, Uni Eropa dan Bulan Sabit Merah Turki menandatangani kesepakatan hibah untuk penyediaan sekitar 1.200 unit perumahan sementara mengakomodasi 6.000 orang yang menjadi tunawisma setelah gempa Van.

Hingga saat ini bantuan internasional mencapai total US$ 63.440.860 termasuk US$ 50 juta disumbangkan oleh Kerajaan Arab Saudi.

Dampak gempabumi di Provinsi Van Turki adalah korban meninggal 601 orang, luka-luka 1.352 orang, dan bangunan hancur 2.262. Saat ini cuaca tetap dingin, suhu bervariasi dari 6 derajat celcius di siang hari ke -2 derajat celcius pada malam hari. Sampai saat ini, total 1.792 gempa susulan telah terjadi di daerah yang terkena.

"Bantuan darurat terus meningkat dari hari ke hari dan saat ini ada tiga titik distribusi di kota. Kehidupan di Provinsi Van kembali normal dengan toko-toko dan pasar beroperasi secara normal," tukasnya.


Category Article

What's on Your Mind...