Mobil Terkecil i Dunia Seukuran Molekul Tunggal


anda sedang membaca artikel tentang Mobil Terkecil i Dunia Seukuran Molekul Tunggal dari indotrendy.blogspot.com
Ilmuwan di Belanda berhasil mengembangkan sebuah mobil sangat kecil yaitu seukuran molekul tunggal. Butuh lensa mikroskopik untuk bisa melihatnya dengan baik.



Mengingat ukurannya yang sangat kecil, jadi hal yang membuatnya mirip dengan mobil secara visual adalah ia memiliki empat roda dan tulang kerangka internal. Mobil ini didukung dengan denyut elektrik yang merespon energi berukuran milivolt. Setiap setengah putaran dari rodanya, mobil ini butuh sentakan energi.

Akibat kebutuhan energinya yang besar serta ukuran mini, tidaklah mengherankan bahwa perjalanan pertama mobil ini hanya enam nanometer. Meskipun berukuran kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, namun ini merupakan terobosan besar bagi para ilmuwan dalam bidang nanoteknologi.

"Untuk membangun nanoteknologi masa depan seperti robot, transporter dan mesin nano, Anda perlu sesuatu untuk menjadi bahan bakar," kata profesor kimia organik di Universitas Groningen di Belanda, Ben Feringa. Ia merupakan salah ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Proyek ini merupakan yang pertama kalinya membawa mobil ke dalam lingkup mini. Temuan ini baru satu-satunya yang menempatkan teori dari motor sintetis dan mobil tanpa motor berukuran nano bersama-sama untuk membuat sesuatu yang setidaknya menyerupai sebuah mobil bergerak.


Category Article

What's on Your Mind...