Tekanan AS dan Sekutunya ke Iran Meningkat


anda sedang membaca artikel tentang Tekanan AS dan Sekutunya ke Iran Meningkat dari indotrendy.blogspot.com
Amerika Serikat, Inggris dan Perancis meningkatkan tekanannya terhadap Teheran menjelang rilis yang akan dikeluarkan PBB pekan depan tentang rincian baru dari program militer Nuklir Iran.



Washington dan teman-teman aliansinya menuding Iran mengembangkan kemampuannya memproduksi senjata atom di bawah kedok program energi nuklir sipil. Iran membantah ingin membuat bom atom dan menegaskan program nulirnya bertujuan untuk menghasilkan listrik.

Laporan Badan Energi Atom Internasional PBB atau IAEA itu diharapkan akan mengungkap rincian intelejen yang menunjuk pada skala program nuklir militer Iran, sambil berhenti sesaat mengatakan secara terbuka bahwa Teheran berusaha membangun senjata semacam itu.

"Satu masalah khusus yang ingin aku sebutkan adalah ancaman yang terus ditimbulkan oleh program nuklir Iran," kata Presiden AS, Barack Obama menjelang KTT G20 di resor Cannes, Perancis.

"IAEA dijadwalkan untuk merilis laporannya tentang program nuklir Iran minggu depan. Aku dan Presiden Perancis Nicholas Sarkozy setuju untuk tetap mempertahankan tekanannya terhadap Iran untuk memenuhi kewajibannya," tambah Obama.

AS, Uni Eropa dan semua sekutunya di seluruh dunia telah memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Teheran karena menolak menghentikan program pengayaan uraniumnya, yang dipercaya Barat mernjadi jantung dari program bom atom Iran.


Category Article

What's on Your Mind...