Jamaah Haji Harus Banyak Minum,Saat di Tanah Suci


anda sedang membaca artikel tentang Jamaah Haji Harus Banyak Minum,Saat di Tanah Suci dari indotrendy.blogspot.com
Jamaah haji diingatkan harus banyak minum selama berada di tanah suci. Saran tersebut diungkapkan oleh Dr Prijo Sidipratomo, Sp.Rad, ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Kamis (29/9).

Perbedaan iklim yang cukup ekstrim antara Indonesia dan Arab Saudi membuat jamaah harus bisa beradaptasi. Ia menekankan, ibadah haji tak hanya memerlukan kesiapan rohani, tapi harus diimbangi dengan kesehatan jasmani.



"Jamaah haji harus banyak minum, minimal 2 L setiap hari, atau 8 gelas", katanya. Ia yang berhaji di tahun 2006 ini mengatakan bahwa dehidrasi menjadi masalah kesehatan yang cukup fatal.

"Di Arab itu iklimnya kering, banyak penguapan, apalagi hanya menggunakan pakaian ikhrom, jamaah akan kehilangan banyak cairan tubuh. Kalau tidak kuat bisa pingsan", ungkapnya di kantor Yayasan Jantung Indonesia, Menteng. Agar dapat beribadah dengan nyaman, ia menyarankan agar jamaah selalu menyediakan air minum kemanapun pergi.

"Kalau soal makanan, insyaallah di Arab sudah tercukupi gizinya. Kan ada catering, asal makannya teratur. Apalagi di Arab banyak kurma, bisa untuk tambahan energi", ungkapnya. Kebutuhan ion-ion tubuh juga sudah tercukupi dengan makan yang teratur, menurutnya asal cukup minum, jamaah tak perlu mengkonsumsi minuman isotonik.

Bagi para penderita diabetes, ia menyarankan agar selalu mengkonsumsi obat agar tetap fit ketika di tanah suci. Sebelumnya, ia mengingatkan agar jamaah yang menderita diabet berkonsultasi kepada dokter bagaimana diet yang benar. "Ada diet khusus bagi penderit diabetes, yang penting selalu siap membawa obat", ungkapnya.


Category Article

What's on Your Mind...