Kopi Luwak Lampung Barat Ikuti Pameran di Korea


anda sedang membaca artikel tentang Kopi Luwak Lampung Barat Ikuti Pameran di Korea dari indotrendy.blogspot.com
Produk kopi luwak Kabupaten Lampung Barat akan dipamerkan dalam ajang Cafe Shou di Korea Selatan pada tanggal 24 hingga 25 September 2011.



"Ajang bergengsi yang digelar di Korea Selatan itu sebagai langkah awal bagi Lampung Barat untuk lebih mempromosikan produk kopi di tingkat dunia, dan ajang ini tidak akan disia siakan, sebab keikutsertaan tersebut tentunya akan dapat memberikan dapat positif terhadap nilai jual produk kopi di daerah ini," kata Kepala Dinas Perkebunan Lampung Barat melalui Kepala Binang Bina Usaha Produksi Perkebunan Agustanto Basmar, di Liwa, Rabu.

Dia menjelaskan, persiapan untuk mengikuti pameran bergensi terus di persiapkan pemerintah daerah.

Menurut dia, produk kopi luwak Lampung Barat semakin dilirik investor yang berada di mancanegara, salah satunya Korea Selatan.

"Dengan ajang besar dan mendunia ini, tentu berbagai upaya terus dilakukan salah satunya dengan mencari dukungan terhadap berbagai pihak agar salah satu wakil dari pengusaha kopi luwak dapat terbang ke Korea Selatan, sebab dengan ikutnya pengusaha kopi luwak dalam pameran yang di gelar tersebut, jelas akan memberikan dorongan untuk lebih meningkatkan mutu dan penjualan produk tersebut," kata dia.

Kemudian, kata Agustanto, Lampung Barat layak dijadikan sebagai kawasan industri kopi terbesar di Provinsi Lampung.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri di Liwa, Rabu mengatakan, produk kopi luwak menjadi salah satu identitas bagi Lampung Barat.

"Berbagai ajang terus kami ikuti untuk memberikan dorongan bagi pengusaha kopi luwak dalam mendongkrak penjualan, dan pada akhirnya nanti diharapkan akan banyak investor yang tertarik untuk menjalin kemitraan dengan Lampung Barat dalam mengembangkan produk kopi," kata dia.

Bupati menjelaskan, Lampung Barat terus membuka peluang investasi bagi investor yang hendak menjalin kemitraan dalam mengembangkan komoditas kopi.

Dia mengakui, mutu dan kualitas kopi Lampung Barat terbaik Nasional dan mampu bersaing di tingkat internasional.

"Saya berharap dengan ajang yang diikuti Lampung Barat tentunya akan berdampak terhadap peningkatan penjualan produk kopi sehingga mampu memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dalam menekuni usaha produk olahan kopi terutama kopi luwak," kata bupati.

Lampung Barat menjadi sentra penghasil produk kopi luwak terbesar di Provinsi Lampung, sebab daerah ini memiliki pasokan kebun kopi sangat luas, juga hewan luwak (musang) yang berlimpah, sehingga pengusaha kopi luwak tidak merasa kesulitan dalam mengembangkan usaha ini.

Harga bubuk kopi luwak di Kabupaten Lampung Barat mencapai Rp800 ribu hingga Rp1 juta per kilogram, sedangkan untuk kemasan ekonomis mencapai Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per bungkus, sementara untuk jenis glondong mentah mencapai Rp300 ribu per kilogram..

Upaya pengusaha dalam meningkatkan angka penjualan dengan membenahi kemasan, sekaligus mengikuti pameran yang di selenggarakan di dalam dan di luar daerah, sehingga dari event tersebut produk kopi luwak semakin di kenal, dan mampu meningkatkan kemitraan.


Category Article

What's on Your Mind...