Tips Memilih Hewan Qurban


anda sedang membaca artikel tentang Tips Memilih Hewan Qurban dari indotrendy.blogspot.com
Hewan kurban harus disertai stiker sebagai tanda telah diperiksa oleh pemeriksa hewan.



"Syarat-syarat tersebut mencakup hewan kurban yang dijual harus sehat, tidak kurus, tidak cacat, cukup umur, dan berjenis kelamin jantan, serta dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah pemasok yang harus ditandatangani oleh dokter hewan," katanya.

Selain itu, lanjut Ipih, warga diminta cermat memilih tempat penampungan yang menjual hewan kurban karena sebagian besar tempat penampungan hewan kurban di Jakarta belum sepenuhnya memenuhi persyaratan.

Tempat penampungan hewan seharusnya terbuat dari bambu atau kayu dan dibuat lebih tinggi dari dasar tanah atau lantai sehingga hewan kurban tidak terkena kotoran yang jatuh.

"Kami juga bekerja sama dengan Dinas Kebersihan DKI untuk membantu membersihkan kotoran di tempat penampungan yang berdekatan dengan area publik," tuturnya.

Seharusnya, ungkap Ipih, tempat penampungan hewan tidak boleh berada di trotoar karena dapat mengganggu lingkungan sekitar. Namun, para pedagang ternak lebih memilih menyewa tempat dari pemilik lahan untuk satu bulan ke depan guna menjajakan hewan yang hendak dijualnya.

Pihaknya, menurut Ipih, juga melakukan pembinaan terhadap masjid-masjid yang melakukan pemotongan secara mandiri untuk meningkatkan keamanan daging hewan kurban.

"Pemotongan hewan di areal masjid dianjurkan juga memperhatikan higienis dan sanitasi, dengan menggunakan alat bantu untuk pengulitan hewan, pisau, dan wadah yang bersih, serta tempat penggantungan karkas," katanya.


Category Article

What's on Your Mind...