Tokoh Muda Saling Bersaing Untuk Jadi Capres


anda sedang membaca artikel tentang Tokoh Muda Saling Bersaing Untuk Jadi Capres dari indotrendy.blogspot.com
Partai Demokrat melalui Ketua Divisi Kominfo Partai Demokrat, Andi Nurpati, mengatakan Undang-undang Pemilihan Presiden (Pilpres) tidak memisahkan tokoh tua atau tokoh muda untuk menjadi calon Presiden (Capres).



"Sepanjang memenuhi syarat sesuai Undang-undang dan diusung atau didaftar oleh parpol atau gabungan parpol," kata Nurpati ketika dikonfirmasi Tribunnews.com dari Jakarta, Minggu (30/10/2011).

Menurut Nurpati, tokoh muda atau tokoh tua jadi capres nantinya mengikuti seleksi dimana ada yang bisa memenuhi syarat ditetapkan oleh KPU dan ada yang tidak memenuhi syarat. "Maka selanjutnya silakan publik memilih yang terbaik. Tokoh-tokoh muda maupun tua semua layak bersaing pada Pilpres yang akan datang atau bahkan bisa bergandengan sebagai pasangan," katanya.

Nurpati dimintai tanggapan terkait survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bahwa publik sangat kecewa dengan kiprah politisi muda. Dari 1.200 responden yang disurvei, hanya 24,8 persen responden yang menilai politisi muda berperilaku baik. "Sisanya, sebagian menilai buruk dan sebagian lagi tidak menjawab," kata peneliti LSI, Adjie Alfaraby hari ini.

Dari riset kualitatif LSI salah satu alasan yang membuat publik sangat kecewa dengan kiprah politisi muda saat ini, yakni berita kasus korupsi yang menempatkan ranking tertinggi lima politisi muda sebagai bintang utamanya atau top five isu korupsi sepanjang 2011.

Kelima politisi muda top five tersebut, yakni mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin (33 tahun), anggota DPR RI dan Wasekjen I Partai Demokrat Angelina Sondakh (34 tahun), Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (42 tahun), Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng (48 tahun), Ketua Umum PKB sekaligus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar (45 tahun).

Soal ini, Nurpati mengatakan semua pihak tetap harus menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah sepanjang belum ada putusan hukum yang final dan terbukti.


Category Article

What's on Your Mind...