Batik Indonesia Menarik Minat Remaja Australia


anda sedang membaca artikel tentang Batik Indonesia Menarik Minat Remaja Australia dari indotrendy.blogspot.com
Batik dinyatakan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa), pamor batik seakan terus menanjak di mata dunia. Buktinya, sejumlah warga asing yang justru sengaja datang langsung ke Indonesia untuk belajar tentang batik.


Seperti hari itu di Museum Tekstil yang terletak di Jalan K.S. Tubun Nomor 4, Petamburan, Tanahabang, Jakarta Pusat. Ada delapan belas remaja asal Australia yang sengaja datang dari jauh hanya untuk belajar tentang batik. Yang menemani mereka berkeliling pun ternyata Putra Batik Nusantara 2011.

Sebelum membatik, para bule ini juga disuguhi camilan tradisional khas Indonesia. Yakni, singkong rebus dan pisang goreng. Mereka tampak sangat menikmati penganan hangat tersebut.

Usai menyantap kudapan, sesi yang paling ditunggu para bule adalah belajar membatik. Mereka pun belajar menyiapkan apron, canting, serta potongan kain berpola batik. Membatik pun dimulai. Ternyata, mereka yang ikut program pertukaran remaja Australia-Indonesia itu sudah seperti pebatik profesional.

"Saya ingin mengerjakannya lagi, gambar buatan sendiri, mungkin nanti di rumah. Setelah ini saya akan membeli canting untuk dibawa ke Australia," ujar Hanneka, salah satu peserta kursus membatik.

Terry, peserta lainnya, pun tak mau kalah komentar. "Kami merasa sangat beruntung bisa berkunjung ke Museum Tekstil dan mengenal batik. Jadi pengalaman yang menyenangkan belajar beragam jenis batik yang dipamerkan. Saya mencoba membuat satu batik yang cukup indah ini."


Category Article

What's on Your Mind...