Beatbox Battle Competition di Urban Fest 2011


anda sedang membaca artikel tentang Beatbox Battle Competition di Urban Fest 2011 dari indotrendy.blogspot.com
Dalam ajang Urban Fest 2011, sekelompok anak muda beradu kebolehan mengeluarkan suara-suara instrumen unik dengan mulutnya. Mereka menamakan kompetisi itu Beatbox Battle Competition.

"Dalam kompetisi ini, kita mencari siapa juara beatbox battle. Yang dinilai dalam kompetisi ini adalah skill personal, kerapian, komposisi, kreativitas, ritmik, tempo, entertain," ujar Jevin, juri kompetisi Beatboxer Battle, Sabtu (19/11/2011) malam di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Kompetisi itu diikuti 26 peserta. Setiap peserta, yang disebut beatboxer, harus beradu satu lawan satu di atas panggung sampai akhirnya muncul satu pemenang.

Dengan bermodalkan mic, mereka mulai beraksi mengeluarkan suara-suara menyerupai instrumen perkusi, beat drum, rhythm, dan suara instrumen elektronik yang beraneka ragam, dengan mulutnya.

Suara yang mereka keluarkan ada yang disebut dengan tehnik dubstep. Yang kemudian semakin terdengar rancak dengan efek wobble sehingga melahirkan musik yang harmonis.

Menurut pengakuan Sadam, salah satu peserta sekaligus pemenang ajang itu, dubstep saat ini sedang hit di kalangan anak-anak muda Jakarta. Hampir rata-rata peserta mengeluarkan suara beat dubstep dalam kompetisi itu.

Sadam mulai menyukai beatbox sejak 1,5 tahun lalu karena menyaksikan aksi Faith SFX dalam sebuah tayangan musik di MTV. Skill-nya sebagai beatboxer membuat Sadam benar-benar kagum. Dari situ, ia mulai bereksperimen dengan mulutnya.

"Karena gua nggak bisa main alat musik, gua belajar beatbox. Ini seni paling murah, modal mulut sama air mineral kalau haus," ujarnya tertawa.


Category Article

What's on Your Mind...