Olahraga Yuk...!


anda sedang membaca artikel tentang Olahraga Yuk...! dari indotrendy.blogspot.com
Olahraga setiap minggu tak hanya membuat tubuh lebih kuat dan meningkatkan kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian terbaru, berolahraga juga bermanfaat pada kualitas tidur Anda.


Penelitian dilakukan dengan menganalisis data kesehatan dari National Health and Nutrition Examination Survey terhadap lebih dari 3.000 pria dan wanita berusia 18-85 tahun.

Para partisipan mengenakan alat yang dikenal bernama accelerometer di pinggul kanan tubuh mereka selama seminggu setelah mereka diperiksa, dan mereka harus menjawab pertanyaan yang ditanyakan peneliti mengenai rasa kantuk dan kualitas tidur.

Penelitian yang dipaparkan dalam journal Mental Health and Physical Activity menemukan partisipan yang melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggu memiliki 65 persen kualitas tidur lebih baik dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

Peneliti juga menemukan, olahraga juga bisa mengurangi rasa lelah sepanjang hari dan cenderung lebih sedikit mengalami kram kaki saat tidur.

Lebih lanjut, peneliti mengungkapkan bahwa partisapan mengalami penurunan kram selama tidur hingga 68 persen dan 45 persen penurunan kesulitan berkonsentrasi saat lelah sebagai akibat dari rutin berolahraga.

"Kegiatan fisik (olahraga) ternyata tidak hanya bagus untuk lingkar pinggang dan hati, tetapi juga bisa membantu tidur Anda," ungkap Brad Kardinal, seorang profesor ilmu olahraga di Oregon State University.

Peneliti juga menambahkan bahwa melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggu juga dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular.

Well, ada baiknya kini Anda menyempatkan waktu rutin mengunjungi tempat gym untuk melakukan kegiatan fisik demi terhindar dari rasa kantuk yang menyerang di siang hari saat bekerja di kantor.


Category Article

What's on Your Mind...