Hmm Enaknya Rawon Si Hitam Manis


anda sedang membaca artikel tentang Hmm Enaknya Rawon Si Hitam Manis dari indotrendy.blogspot.com
Meskipun berwarna hitam rawon yang satu ini emang Enak. Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging sapi dengan bumbu khas berupa kluwek.


Di Banjarmasin, tidak sulit menemukan warung yang menyediakan rawon. Seperti halnya di warung makan kaki lima di kawasan Jalan A Yani Km2 hingga Km6, ada beberapa warung menyertakan rawon dalam sajian menu.

Rudi, seorang pemilik warung makan di kawasan tersebut, mengakui, pelanggan yang berkunjung ke warungnya bervariatif, dari kalangan menengah hingga kalangan bawah.

"Pelanggan saya suka memilih rawon untuk santapan sore atau malam, tentu cambah, sabal, harus tersedia sebagai campuran kuah rawon untuk penambah nikmat santapan, " ujar Rudi.

Menurut Rudi, memasak rawon cukup mudah. Semua bumbu dihaluskan dan ditumis sampai harum, kecuali serai dan lengkuas. Bumbu dicampur dalam kaldu rebusan daging, demikian pula daging sapi yang sudah dipotong kotak-kotak.

Jangan lupa masukkan pula kluwak untuk memunculkan warna coklat kehitaman dari kuah rawon.

Rasa kuah yang agak manis akan membuat sup hitam ini menjadi lauk yang lezat. Aromanya sangat khas karena dibubuhi bumbu khusus dari buah keluak. Karena bumbu inilah, sup hitam ini menjadi gurih dan sedap.


Category Article

What's on Your Mind...