Tempe Sampai di California!


anda sedang membaca artikel tentang Tempe Sampai di California! dari indotrendy.blogspot.com
Makanan rakyar Indonesia yaitu tempe bisa anda dapatkan di California. Bagi Anda yang suka tempe tidak usah bingung bila sedang berada di California, AS, tidak perlu khawatir. Pasalnya di Ca lifornia ada restoran tempe dengan nama Tempe House


Voice of America menyebutkan restoran tersebut dirintis Ratina Muljono asal Indramayu. Ia datang dari Indonesia pada 1999. Meski hanya mengecap pendidikan SD, namun darah bisnis mengalir dalam dirinya.

Idenya muncul ketika ia menyatakan akan memulai usaha dan berjualan sesuatu. Temannya menyarankan untuk jualan tempe segar karena di sana belum ada yang jual tempe.

Ratina pun belajar membuat tempe segar. Ternyata membuat tempe tidak semudah yang dia duga. Setelah menghabiskan 6 karung kedelai, barulah ia bisa membuat tempe seperti yang diharapkan.

Ratina menjual tempe Lomalinda seharga US$1 per bungkus atau sekitar Rp10.000.

Awalnya, ia yang menawarkan ke toko atau supermarket, namun sekarang justru toko atau supermarket yang memesan dan membayar di muka. Tempe buatannya disukai pelanggan karena rasanya yang enak dan fresh.

Namun pada 2005, usaha jualan tempe di rumahnya terpaksa di tutup. Karena di AS tidak boleh membuat dan jualan di rumah, harus ada tempat khusus.

Setelah berkeliling, akhirnya Ratina mencari lokasi untuk tokonya dan mendapatkannya. Pinjaman modal dari bank yang susah payah dia dapatkan, akhirnya digunakan membuka toko. Syukurlah, karena order banyak akhirnya Ratina bisa menabung dan melunasi pinjamannya.

Akhirnya, sejak Juli 2009, Ratna mulai menjual tempenya di Tempe House Spicy Food,San Benardino, California yang juga menjual berbagai masakan khas Indonesia lainnya. Khusus hari Minggu dia membuat 1.000 bungkus


Category Article

What's on Your Mind...