Royal Wedding Ibas dan Aliya Pakia Adat Jawa


anda sedang membaca artikel tentang Royal Wedding Ibas dan Aliya Pakia Adat Jawa dari indotrendy.blogspot.com
Adat Jawa kembali dikenakan dalam rangkaian acara “royal wedding” Siti Ruby Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Kali ini adat Yogyakarta yang dipilih tersebut akan mewarnai balutan resepsi pernikahan yang digelar, Sabtu malam (26/11) di Jakarta Convention Center.


Mengenai riasan tersebut, perias senior Tienuk Riefki mendapatkan kepercayaan untuk memulas menantu SBY itu. Aliya sendiri akan dirias dengan make up Paes Ageng. Riasan Paes Ageng merupakan satu-satunya tata rias pengantin yang dari sumbernya (keraton), di mana riasannya memakai serbuk emas (prada). Riasan ini merupakan tata rias pengantin kebesaran Keraton Yogyakarta.

Menyoal tatanan rambut, Tienuk mengatakan kalau sanggul yang dikenakan akan menggunakan konde bokor mengkurep. Bokor mengkurep sendiri merupakan konde yang dibungkus dengan rajut melati. Di bagian atasnya, ada cundhuk mentul (hiasan kepala pengantin yang dipasang menghadap ke belakang sehingga pengantin dilihat dari depan cantik dan dari belakang juga menampakkan keindahan yang lain. Untuk Yogya Paes, jumlah cundhuk mentul ada lima buah. Lima di sini memiliki filosofi lima pancer (pusat).

“Sanggul itu merupakan pasangannya riasan Paes Ageng. Sudah pakem dari sananya dan tidak boleh berubah,” imbuhnya.


Category Article

What's on Your Mind...