Ritual Menyambut Tahun Baru Jawa


anda sedang membaca artikel tentang Ritual Menyambut Tahun Baru Jawa dari indotrendy.blogspot.com
Sudah menjadi tradisi bagi warga masyarakat Jawa melakukan ritual menyambut kedatangan tahun baru Jawa. Begitu pula pada saat ini pergantian ke tahun baru Jawa 1945 sudah di penghujung waktu, tahun baru akan jatuh 27 November 2011.



Nama perayaannya Merti Bumi Kaliurang yang diselenggarakan oleh warga masyarakat Kaliurang dan sekitarnya yang diadakan untuk menyambut tahun baru Jawa. Acara ini akan berlangsung dari 24-26 November 2011 di kawasan Tlogo Putri Kaliurang.

Kegiatan ini diawali dengan pengambilan air suci dari 7 (tujuh) sumber oleh komunitas Pangesti Jawi pada hari kamis 24 November pukul 8 pagi. Tujuh sumber air suci tersebut yaitu Sumber Siraman Lanang, Sumber Siraman Wadon, Sumber Tlogomuncar, Sumber Jubug, Sumber Kembang, Sumber Gondang dan Sumber Sari.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan kenduri wilujengan pada sore harinya. Sementara puncak acara dari kegiatan Merti Bumi Kaliurang dilaksanakan pada Sabtu 26 November 2011 mulai pukul 08.00 WIB dengan acara program penghijauan di kompleks Museum gunung api Merapi (MGM).

Acara ini akan diramaikan dengan Kirab Brata oleh sekitar 150 orang dari komunitas Sanggar Pangesti Jawi dan masyarakat sekitar. Pelaksanaan kirab Brata akan menempuh jarak sejauh 5 kometer dengan star dan finish di Tlogo Putri Kaliurang.

Sebelum pelaksanaan kirab brata dilaksanakan serah terima lampu atau "lung tinampi lampu ting" serta kidung pambuka. Pada sore harinya dilakukan penempatan sesaji di Tlogo Nirmolo dan Tlogo Muncar. Usai kirab brata, acara dilanjutkan dengan pesta krowotan atau rencah baritan Kemudian acara ditutup dengan pagelaran wayang kulit.


Category Article

What's on Your Mind...