Seluruh Jamaah Tiba di Arafah, Jum'at Tengah Malam


anda sedang membaca artikel tentang Seluruh Jamaah Tiba di Arafah, Jum'at Tengah Malam dari indotrendy.blogspot.com
Sampai pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS), sudah tujuh kloter atau sekitar 5.000 orang calon jamaah haji Indonesia tiba di Arafah. Rencananya pada pukul 20.00 WAS seluruh jamaah haji yang jumlahnya mencapai 222.560 orang sudah sampai ke tempat tersebut.



‘’Insyallah seluruh jamaah akan sampai di Arafah sekitar pukul 24.00 WIB. Kalau tidak macet perjalanan jamaah ke Arafah yang semuanya menumpang bus itu hanya satu jam saja. Mudah-mudahan lancar,’’ kata Kepala Satuan Operasai Arafah,Muzdalifah, dan Mina, Abu Haris Mutohar, di Makkah, Jumat (4/11).

Menurut Syahlan semua calon jamaah haji memang harus melakukan wukuf di Arafah. Sebab, bila tanpa wukuf maka haji mereka tidak sah. Sedangkan bagi yang sakit akan di safarai wukufkan. Dan bagi yang benar-benar tidak bisa dibawa ke Arafah karena kondisi sakitnya krisis, maka akan dibadalk hajikan.

Data dari petugas pelayanan bimbingan ibadah jamaah haji Indonesia , Syahlan Ari Ibrahim, menyatakan data sementara jumlah jamaah haji yang disafariwukufan itu ada 99 orang. Mereka memang sakit dan dirawat di berbagai tempat perawatan

‘’Kalau yang terpaksa harus menjalani badal haji karena sakit keras dan tidak bisa di bawa ke Arafah, jumlahnya mencapai 99 orang,’’ kata Kasi Pelayanan Bimbingan Jamaah. Syahlan Arif.

Menurut Syahlan meski sudah disediakan angkutan, sebenarnya juga ada beberapa jamaah Indonesia yang sudah pergi dari pondokannya. Mereka menuju Mina dan akan bermalam di sana. Pada kesokan harinya , 9 Dzzulhijjah mereka akan bersama-sama menunaikan wukuf di Arafah.’’Mereka ini ingin mengikuti sunah nabi ketika dahulu berhaji yang berangklat dari Mina menuju Arafah,’’ ujar Syahlan.

Suasana kota Makkah sepanjang hari kemarin sangat hiruk pikuk. Area jalan yang menuju ke Mina dan Arafah berubah menjadi lautan manusia. Helikopter terus melayang-layang di atas kepala jamaah.


Category Article

What's on Your Mind...