Singapura Ungguli Indonesia di Sidang IMO


anda sedang membaca artikel tentang Singapura Ungguli Indonesia di Sidang IMO dari indotrendy.blogspot.com
Sidang anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) masih berlangsung di London Inggris hingga 1 Desember mendatang, namun anggota-anggota dewan terbaru sudah terbentuk, Indonesia masuk dalan Kategori C, seperti yang dicalonkan sebelumnya.

Adapun hasil lengkap pemilihan anggota Dewan IMO periode 2011-2013 adalah sebagai berikut: Kategori “A”: terdiri dari 10 negara yang mewakili armada pelayaran niaga internasional terbesar dan sebagai penyedia angkutan laut internasional terbesar, yaitu Italia, Norwegia, Panama, China, Jepang, Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Yunani dan Korea. Pada kategori ini, anggota Dewan terpilih secara aklamasi, karena jumlah negara yang mencalonkan sama dengan jumlah kuota.

Kategori “B”: terdiri dari 10 negara yang mewakili kepentingan terbesar dalam “International Seaborne Trade”, yaitu Brazil, Spanyol, Argentina, Belanda, Bangladesh, Jerman, India, Prancis, Swedia dan Kanada. Seperti halnya di kategori ”A”, anggota Dewan ini terpilih secara aklamasi karena alasan yang sama.

Kategori “C”: 20 negara yang mempunyai kepentingan khusus dalam angkutan laut, dan mencerminkan pembagian perwakilan yang adil secara geografis, yaitu Singapura, Indonesia, Australia, Siprus, Turki, Filipina, Chili, Malaysia, Afrika Selatan, Meksiko, Bahama, Thailand, Kenya, Belgia, Maroko, Liberia, Jamaika, Malta, Mesir dan Denmark.

Ketiga kategori tersebut memiliki hak dan kewajiban sama sebagai anggota Dewan IMO, baik kategori A, B maupun C. Sesuai hasil pemilihan, Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan IMO kategori "C" periode 2011-2013 dengan memperoleh 128 suara dukungan atau peringkat kedua bersama-sama dengan Australia.

Sedangkan Singapura berada di peringkat pertama dengan mendapatkan 131 suara dukungan. Pada kategori C ini, selain Indonesia terdapat pula 25 negara lain yang juga mencalonkan diri dan 6 diantaranya adalah kandidat baru


Category Article

What's on Your Mind...